Arabic AR English EN Indonesian ID

Blog

PRODI PERBANDINGAN MAZHAB SELENGGARAKAN PKM DOSEN DAN MAHASISWA DI KOTA PAGARALAM

Oleh

Tanggal

Bertempat di Pondok Pesantren Dempo Darul Muttaqin Kota PagarAlam, Program Studi Perbandingan Mazhab Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Fatah Palembang menyelenggarakan salah satu agendapenting Prodi pada tahun ini, yaitu Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen dan mahasiswa. Kegiataan yang berlangsung pada Selasa, 28 September 2021 ditujukan bagi guru-guru dan santriwan – santriwatikelas XII Ponpes Dempo Darul Muttaqin.

Dalam kata sambutannya, Ketua Prodi PerbandinganMazhab, Dr. SutrisnoHadi, MA mengatakan bahwa kegiatan PkM kali ini mengambil tema “Moderasi Beragama dalam Tinjauan Hukum Islam dan Urgensinya dalam Kehidupan Berbangsa.”Tujuannya agar para peserta benar-benar memahami bahwa dalam moderasi beragama terdapat keindahan pengamalan ajaran islamyang dikenal sebagai Rahmatan lil-‘Alamin.

Sementara itu, pimpinan Ponpes Dempo DarulMuttaqin,Ustadz Zaki Isfahani, SP., MM dalam sambutannya memberikan apresiasi yang besar atas terselenggaranya acara ini di pesantrennya. Menurutnya, moderasi beragama sangat perlu untuk diketahui oleh para guru dan santri dalam upaya memahami keunggulan ajaran Islam dalam menjaga kerukunan dan persatuan bangsa Indonesia yang majemuk dalam berbagai aspek.

Bertindak selaku narasumber dalam kegiatan ini lima orang dosen dan dua orang mahasiswa Prodi Perbandingan Mazhab. Dari kalangan dosen antara lain Dr. Sutrisno Hadi, MA yang menjelaskan tentang Makna, Tujuan & Manfaat Moderasi Beragama; Ikhwan Fikri, Lc., LL.M tentang Dalil Quran & Hadits terkait Moderasi Beragama; Syaiful Aziz, M.H.I tentang Maqashid Syariah dalam Moderasi Beragama; Gibtiah, M.Ag tentang Fiqh Moderasi Beragama; dan Ahmad Nizham, S.Ag., M.H.I tentang Moderasi Beragama dalam Kehidupan Berbangsa. Sementara dari pihak mahasiswa menampilkan Halim Asnawi dan Endri yang mengulas tentang urgensi wawasan moderasi beragama bagi pemuda.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on google
Google+