Official Web Fakultas Syariah IAIN Raden Fatah Palembang

SEKILAS INFO

Fakultas Syariah mengucapkan "selamat datang kepada mahasiswa baru angkatan 2013" pengumuman jalur mandiri 2013 IAIN Raden Fatah bisa dilihat pada Senin, 19082013 jam 10.00 wib yudisium sarjana fakultas syariah akan dilaksanakan pada 18 September 2013 Selamat datang di official website Fakultas Syariah IAIN Raden Fatah Palembang

kegiatan lab

Adminisatrator | Minggu, 07 Juli 2013 - 15:35:27 WIB | dibaca: 1766 pembaca

 

1.      Penanggung Jawab Laboratorium

a.      Memberikan amanat penuh kepada ketua laboratorium sebagai pelaksana tugas

b.     Memberikan masukan konstruktif dalam upaya pengembangan laboratorium terpadu

c.      Memberikan kemudahan jalur administrasi yang berhubungan dengan program-program studi, dan kemahasiswaan

d.     Menerima laporan tertulis dan mengadakan evalusi triwulan semua proses  dalam laboratorium

2.     Ketua Laboratorium Terpadu

a.      Melaksanakan tugas-tugas laboratorium sebagaimana diamanatkan oleh penanggung jawab dengan efisien, efektif , proporsional dan profesional

b.     Merencanakan, melaksanakan, mengembangkan, dan mengevaluasi kegiatan laboratorium, baik yang terkait dengan teori, praktek laboratorium maupun kerjasama dengan pihak luar.

c.      Merencanakan dan mengembangkan pengadaan peralatan dan perlengkapan guna menunjang kegiatan praktikum.

d.     Mengelola dan memelihara perlengkapan, dan peralatan yang digunakan sebagai sarana penunjang pembelajaran.

e.      Bertanggung jawab atas pengelolaan kegiatan dan  keuangan laboratorium secara transparan pada pihak-pihak yang berhubungan dengan keuangan.

f.       Merencanakan kegiatan unggulan yang dapat meningkatkan income generating.

3.     Sekretaris

a.      Membantu tugas ketua dan dapat menggantikan tugas ketua sebagai pelaksana harian

b.     Mengarahkan penyusunan rencana program Sekretariat dengan mengarahkan dan memberi petunjuk untuk menyusun rencana kerja.

c.      Menyusun rencana pelaksanaan kegiatan berdasarkan rencana kerja Sekretariat dan kebijaksanaan yang ada agar tugas pokok dan fungsi dapat dilaksanakan dengan efektif.

d.     Mendistribusikan tugas kepada Sub Bagian sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya agar kegiatan berjalan sesuai dengan program kerja masing-masing.

e.      Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas Sekretariat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya untuk sinkronisasi tugas.

f.       Mengendalikan pelaksanaan tugas Sekretariat dengan membimbing, mengarahkan dan mengawasi untuk optimalisasi tugas.

g.      Memfasilitasi kerjasama dengan instansi terkait, Kabupaten/Kota, Instansi Vertikal serta Pihak Ketiga berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk mendukung keberhasilan program kerja.

h.     Melakukan pengawasan dan penilaian kepada pegawai dengan cara memberikan pengarahan dan pembinaan sesuai dengan peraturan/ pedoman dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai.

i.        Mengevaluasi pelaksanaan tugas Sekretariat berdasarkan realisasi tingkat pencapaian pelaksanaan kegiatan untuk menentukan program kegiatan yang akan datang.

j.        Melaksanakan tugas lain sesuai dengan bidang tugas dan melaporkan kepada Ketua.

4.     Bendahara

a.      Membantu ketua dalam mengelola keuangan lembaga

b.     Membantu bagian keuangan Fakultas Syari’ah dalam membuat laporan yang berkenaan dengan implementasi program kerja leboratorium terpadu

c.      Menerima, membukukan semua pengeluaran

d.     Mendistribusikan keuangan sesuai dengan anggaran

e.      Menerima dan mengeluarkan uang harus sepengetahuan ketua

f.       Membuat laporan keuangan setiap program kerja yang ditembuskan kepada bagian keuangan, pembantu dekan bidang keuangan dan dekan fakultas Syari’ah

g.      Menyampaikan informasi keuangan secara transparan, terbuka kepada pihak-pihak yang membutuhkan.  

5.     Devisi-Devisi

a.      Membantu ketua dalam melaksanakan program masing-masing devisi

b.     Bertanggung jawab atas semua aktifitas devisi yang menjadi amanat masing-masing

c.      Membantu devisi lain bilamana dibutuhkan

d.     Membuat program kerja tahunan berdasarkan hasil evaluasi kerja pada tahun sebelumnya

e.      Mengumpulkan usulan program kerja dengan format yang telah disediakan oleh lembaga dan diserahkan kepada sekretariat untuk dikelola sebagai rencana program tahun selanjutnya

f.       Melakukan evaluasi masing-masing devisi dan dilaporkan secara tertulis dan berkala kepada ketua

A.   TATA TERTIB ADMINISTRASI

 

1.      Semua aktifitas kelembagaan pada laboratorium terpadu ini berdasarkan pada pola (1) Membuat Mampu (enabling); (2) Memperlancar (facilitating); (3) Berkonsultasi (consultating); (4) Bekerjasama (callaborrating); (5) Membimbing (mentoring); dan (5) Mendukung (Supporting)

2.      Semua jenis pembayaran yang dibebankan kepada peserta Praktikum tanpa didasari oleh Surat Keputusan resmi yang dikeluarkan pimpinan Jurusan atau institusi yang lebih tinggi adalah illegal, oleh karenanya dapat digolongkan atau setidaknya dicurigai sebagai “pungutan liar (pungli)” atau bahkan “suap”.

3.      Ketentuan berikut dinyatakan mulai berlaku sejak periode 2011 ini:

a.      Peserta Praktikum adalah semua mahasiswa fakultas Syari’ah yang mem-program-kan Praktikum dalam KRS-nya, atau mahasiswa lain yang ditetapkan oleh tim kerja lembaga dengan sepengetahuan ketua.

b.     Semua Peserta Praktikum berhak mengikuti Praktikum sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan menunaikan kewajibannya sebagai Peserta Praktikum sesuai ketentuan yang berlaku, tanpa dibebani biaya tambahan yang tidak didasari oleh Surat Keputusan pimpinan Jurusan atau institusi yang lebih tinggi.

c.      Penjadwalan semua kegiatan praktikum akan dikoordinasikan secara terpadu oleh ketua dan sekretaris program studi bekerja-sama dengan dosen penanggung jawab mata kuliah dan diketahui oleh pembantu dekan bidang akademik.

d.     Penyediaan “kartu kontrol” untuk pemantauan kegiatan praktikum setiap peserta akan disediakan secara resmi dan tidak untuk diperjual-belikan.

e.      Penyedian buku-buku yang berkenaan dengan kegiatan praktikum disediakan oleh tim kelembagaan dan atau bekerjasama dengan semua dosen yang memiliki kompetensi dan direkomendasi oleh lembaga. Sistem penjualan dalam satu koordinasi yang ditunjuk ketua lembaga dan dilaporkan secara berkala kepada pihak-pihak yang berhubungan dengan penyedian buku/modul tersebut

f.       Penyedian modul yang diddanai oleh anggaran DIPA akan dibagikan tanpa dipungut biaya apapun dengan sistem pengelolaan seperti dijelaskan pada item (e)

g.      Semua aktifitas praktikum akan diarahkan ke upaya penguatan ilmu, pengabdian dan karir mahasiswa kecuali hal-hal yang berkenaan dengan kajian ilmiah berdasakan pada format “journal” yang berkembang di lingkungan IAIN Raden Fatah Palembang, sehingga sedapat mungkin peserta Praktikum tidak lagi dibebani dengan tugas membuat laporan atau tugas lain sesudah selesai melakukan aktifitas materi praktikum.

h.     Penyediaan dan pemeliharaan peralatan/bahan yang digunakan dalam kegiatan Praktikum adalah tanggungjawab Teknisi Laboratorium (Laboran). Biaya yang diperlukan untuk keperluan ini dapat diajukan alokasi-nya dalam anggaran (dalam bentuk proposal pengadaan barang) kepada dekan yang selanjutnya didistribusikan sesuai dengan jalur yang berlaku di IAIN Raden Fatah Palembang.

i.        Pelaksana teknis semua kegiatan di laboratorium, baik Praktikum mau pun kegiatan lain, adalah tanggungjawab semua pengurus Laboratorium terpadu, dengan selalu berkoordinasi dengan pembantu dekan bidang akademik dan semua tim program-program studi.

j.        Penyediaan dan pengendalian mutu materi Praktikum adalah tanggungjawab masing-masing devisi dengan dibantu oleh staf dosen Laboratorium yang bersangkutan.

k.      Daftar Nilai (angka) Peserta Praktikum yang sah dari setiap devisi harus ditanda-tangani oleh penanggung jawab devis yang diketahui oleh ketua/sekretaris laboratorium terpadu. Selanjutnya diserahkan kepada Koordinator Praktikum masing-masing untuk di-rekapitulasi sesuai pembobotan.

l.        Semua devisi bertanggung-jawab kepada ketua/Sekretaris Laboratorium masing-masing dalam melaksanakan tugasnya, serta senantiasa diawasi dan dipantau oleh semua pembantu ddekan dan pengurus program studi.

4.      Jika suatu kegiatan Praktikum di suatu laboratorium hanya bisa dilaksanakan dengan cara melanggar salah satu atau beberapa ketentuan di atas, maka kegiatan tersebut lebih baik tidak dilaksanakan.

5.      Segala sesuatu yang belum diatur oleh ketentuan-ketentuan di atas akan diatur kemudian, dan sementara belum ada ketentuannya maka akan dimusyawarahkan antara pihak-pihak terkait sampai terbangun suatu kesepakatan yang diketahui oleh pimpinan Jurusan.

 

B.   PETA AKTIFITAS DAN KREATIFITAS DEVISI

 

Dalam perspektif umum bahwa laboratorium yang relatif lengkap, tetapi tidak dapat berfungsi memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggannya tidak banyak beda artinya dengan tidak memiliki laboratorium, karena itu laboratorium terpadu fakultas Syari’ah memiliki panduan program yang dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan.

DEVISI BANK MINI

A.    Dasar Pemikiran

Laboratorium Bank Mini merupakan media aplikasi bagi mahasiswa fakultas Syari’ah untuk mengejawantahkan pengetahuan yang selama ini didapat secara teoritis dalam perkuliahan di kelas. Kegiatan Laboratorium Bank Mini diharapkan dapat membekali dan menambah wawasan bagi mahasiswa di bidang Perbankan Konvensional maupun Perbankan Syariah. Lembaga Keuangan Non-Bank Konvensional maupun Lembaga Keuangan Non Bank Syariah. Aktifitas utama dalam Laboratorium Bank Mini memfokuskan diri pada pengembangan kegiatan pengajaran—khususnya simulasi kegiatan operasional perbankan—dan pelatihan bidang Perbankan dan Lembaga Keuangan Non Bank di lingkungan Fakultas syari’ah.

B.   Visi

Menjadi pusat kajian dan simulasi operasional perbankan berbasis Syari’ah.

C.   Misi

1.       Meningkatkan pengetahuan melalui simulasi perbankan.

2.       Melayani dan mendorong civitas akademik mengkaji teori dan praktek dalam dunia perbankan syari’ah

3.       Menjadi salah satu wadah persiapan mahasiswa untuk masuk ke dunia kerja.

 

D.  Program Kerja

1.       Membentuk aktifitas miniatur perbankan dan digilirkan dengan ketentuan yang ditetapkan atas persetujuan tim laboratorium terpadu

2.       Menyediakan produk yang mengarahkan pada civitas akademik IAIN Raden Fatah menerapkan hidup hemat melalui menabung.

 

DEVISI LABORATORIUM KOMPUTER

B.   Dasar Pemikiran

Laboratorium ini dibentuk dengan tujuan untuk menunjang pemahaman komputer terutama dibidang hard ware dan berbagai pelatihan melalui alat bantu analisis untuk pengambilan keputusan.

C.   Visi

Menjadi pusat kajian dan praktek analisis kebijakan melalui program komputer.

 

D.  Misi

1.      Meningkatkan pengetahuan berhubungan dengan komputer.

2.      Melayani dan mendorong civitas akademik mengkaji teori dan praktek analisis kebijakan berbasis komputer

3.      Menjadi salah satu wadah persiapan mahasiswa untuk masuk ke dunia kerja.

E.   Program Kerja

1.      Praktikum Pengantar Aplikasi Komputer

2.     Praktikum mata kuliah yang memerlukan komputer sebagai alat bantu analisis untuk pengambilan keputusan seperti (1.) Ekonometrika: Eviews; Microstat / TSP; (2) Sistem Akuntansi: Flowcharting; (3) Statistika: SPSS.(3)Manajemen Operasional: TORA, LSM; (4) manajemen Keuangan: Microsoft Excel..

 

DEVISI FALAK

A.    Dasar Pemikiran

1.      Berdasarkan fakta di lapangan bahwa jadwal waktu shalat yang beredar di masyarakat yang berbeda satu sama lain, demikian juga arah kiblat masjid-masjid dan mushalla yang ada di tengah-tengah masyarakat satu sama lain masih ada perbedaan, bahkan penyimpangannya ada yang mencapai 20 derajat atau lebih besar lagi.

2.      Persoalan yang terkait dengan perbedaan penentuan awal bulan Ramadlan, Syawal, dan Dzulhijjah merupakan problem akurasi data dan perhitungan, yang perlu diadakan pendekatan secara ilmiah dan syari’at secara simultan. Dan perlu juga adanya sentuhan yang bernuansa teknologi dalam problem di atas karena sudah menjadi kebutuhan kemajuan zaman.

3.      Keberadaan Laboratorium Falak ini dirasakan sangat penting dan diharapkan dapat memberikan sumbangsihnya yang nyata bagi pelaksanaan tugas-tugas dosen, mahasiswa serta kaum muslimin umumnya dalam mencari solusi terbaik dari problem-problem yang bernuansa falakiyah. Laboratorium Falak ini juga diharapkan mampu mendorong usaha-usaha mencari data-data yang lebih akurat tentang perjalanan benda-benda langit, terutama peredaran matahari, bulan dan bumi, karena data-data tersebut akan menjadi rujukan untuk menentukan waktu-waktu ibadah secara tepat dan akurat

B.     Visi

Menjadi pusat kajian dan pengembangan ilmu falak serta menjadi pendorong terwujudnya praktikum /kegiatan Hisab-Rukyat yang professional dan berkualitas

C.     Misi

1.      Meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentanng falakiyah yang bersifat fungsional dengan pelaksanaan ibadah.

2.      Melayani dan mendoronng minat kajian dan pelatihan falakiyah

3.      Menfasilitasi kegiatan praktikum falakiyah untuk mendaptkan hasil yang lebih berkualitas.

D.    Program Kegiatan

1.      Program Konsultasi dan Kajian Falakiyah

Program Konsultasi dan Kajian Falakiyah diselenggarakan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan teoritis dan praktis mahasiswa, dosen atau masyarakat umum. Studi Falakiyah ini bisa berupa penelusuran sumber-sumber ilmu Falak dan pemberian layanan konsultasi persoalan yang bersifat falakiyah.

2.      Pendidikan dan Pelatihan Hisab Rukyat

Pendidikan dan Pelatihan Hisab rukyat diselenggarakan untuk mencetak dan menghasilkan para ahli falak yang mempunyai wawasan, keterampilan dan kemampuan dalam bidang falak yang berkualitas dan professional sesuai dengan tuntutan zaman yang bisa mensinergikan antara agama dan iptek.

3.      Praktikum Falak

Yang dimaksud dengan praktikum Falak adalah suatu kegiatan yang merupakan aplikasi dari teori-teori yang menjadi materi pokok ilmu Falak.

 

DEVISI LABORATORIUM BAHASA

A.    Dasar Pemikiran

1.      Rendahnya pengetahuan civitas akademik dalam kajian kebahasaan (Bahasa Arab dab Bahasa Inggris)

2.      Belum terukurnya persiapan mahasiswa untuk dapat berkiprah pada institusi pengadilan dan kementrian agama serta institusi lain yang membutuhkan profesionalitas kebahasaan

B.   Visi

Menjadi pusat kajian bahasa Arab dan Inggris serta menjadi pendorong terwujudnya praktikum kebahasaan

C.   Misi

1.      Meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentanng bahasa.

2.      Melayani dan mendorong minat kajian dan pelatihan bahasa baik Arab maupun Inggris

3.      Menfasilitasi kegiatan praktikum bahasa untuk mendapatkan hasil yang lebih berkualitas.

D.  Program Kegiatan

Baik bahasa Arab maupun Bahasa Inggris difokuskan pada materi yang diberikan pada dasarnya merupakan aplikasi, sekaligus pengembangan dari materi kelas reguler dengan penekanan kepada “Interactive Communication Skills” seperti: Integrated Practive; Listening Comprehension; Situational Conversation; Presentation and Public Speaking.

 

 

 

DEVISI PERIBADATAN

A.   Dasar Pemikiran

Ilmu-ilmu alat di masyarakat menjadi hal yang sangat urgen bagi alumni fakultas Syari’ah sebagai bagian dari pengabdian masyarakat. Memahami dan memperaktekkan ilmu-ilmu tersebut memerlukan waktu dan wadah serta aktifitas yang berkesinambungan. Kehadiran devisi ini menjadi bagian penting dalam membangun persiapan mahasiswa dalam bidang tersebut

B.   Visi

Menjadi pusat kajian dan praktek yang berhubungan dengan ilmu-ilmu alat kemasyarakatan

C.   Misi

1.      Meningkatkan wawasan dan pengetahuan ilmu-ilmu alat kemasyarakatan

2.      Melayani dan mendorong praktek persiapan hidup dalam masyarakat

3.      Menfasilitasi kegiatan praktikum ilmu-ilmu alat untuk mendapatkan hasil yang lebih berkualitas.

D.  Program Kegiatan

1.      Praktek barzanji

2.