Arabic AR English EN Indonesian ID

FSH GELAR FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Oleh

Tanggal

(FSH Palembang)-Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Fatah Palembang (FSH) UIN Raden Fatah Palembang menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Beston Palembang pada Hari Kamis, (20/10/2022).
Acara dengan fokus topik Pengembangan Kurikulum Berbasis Merdeka Belajar – Kampus Merdeka ini mengangkat tema utama ‘Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) : BASED ON KKNI OBE DAN MBKM’.
Dr. Arne Huzaimah, S.Ag,. M.Hum selaku Ketua Pelaksana yang juga merupakan Ketua Prodi Hukum Keluarga Islam menyampaikan bahwa ‘Pembaruan kurikulum MBKM, secara substansi memberi spirit membangun untuk sebuah dinamika. 
FGD dihadiri oleh Pimpinan Fakultas, pimpinan Prodi, dosen, perwakilan mahasiswa, perwakilan alumni dan pengguna alumni prodi  yang dihadiri oleh Hakim Pengadilan Tinggi Negeri Palembang Ibu Rr. Suharni, S.H.,M.H, Drs M. Lekat (Hakim Pengadilan Agama Palembang), Dr. M. Ikrar, M.Pd.I dari Kemenag Kota Palembang, Yusmarwati, M.H (Kantor Pengacara LBH RI), Taroman Pasyah, M.H (Doesen UNSRI) dan dua narasumber Dr. Ramiyanto, S.H.I.,M.H (STIH Sjakhiyakirti). Acara FGD dibuka langsung oleh Dekan FSHBapak Dr. H. Marsaid, MA. Beliau menyampaikan bahwa dalam penyusunan rencana pembelajaran semester (RPS) tentunya kita wajib meminta saran dari semua stakeholder internal dan stakeholder eksternal. Stakeholder eksternal yang berasal dari pengguna lulusan yang berasal dari kalangan Hakim Pengadilan Agama, Pemerintah dan swasta dapat meningkatkan kualiatas lulusan yang dibentuk melalui Capaian Pembelajaran (CP) dan Profil Lulusan. 
Selain menghadiri dua narasumber dari luar, workshop kurikulum juga mengadiri narasumber dari internal kampus yakni, Bapak Dr. Fajri Ismail,.M.Pd.I, CPRM, CPLM, CIT  (Wakil Direktur Pascarjana UIN Raden Fatah Palembang).
Kegiatan ini berlangsung sangat interaktif yang berlangsung selama dua hari dari jam 08:00 s.d 16:15. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melakukan review secara langsung Kurikulum Prodi oleh narasumberdengan melihat secara langsung presentasi kurikulum KKNI program studi. Hasil review yang dilakukan akan menjadi solusi untuk program studi yang ada di Fakultas Syariah dan Hukum dalam meningkatkan kurikulum.
Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp