Arabic AR English EN Indonesian ID

PERKUAT PEMAHAMAN MODERASI BERAGAMADAN MODERASI BERMAZHAB

Oleh

Tanggal

PRODI PERBANDINGAN MAZHAB GELAR SEMINAR INTERNASIONAL KOLABORASI

Palembang – Program Studi Perbandingan Mazhab Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Fatah Palembang sukses menggelar Seminar Internasional pada Selasa, 29 Maret 2022 berkolaborasi dengan Program Studi Perbandingan Mazhab UIN Alaudin Makassar; bertempat di Aula Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Fatah Palembang.

Seminar Internasional kali ini mengusung tema “Religious Moderation and Mazhab Moderation in Academic Review”, ikuti oleh 400 orang peserta dari kalangan Dosen dan Mahasiswa dari kedua kampus melalui luring dan daring. Tema Moderasi Beragama dan Moderasi Bermazhab dipilih dalam seminar tahun ini dikarenakan pemahaman moderasi dinilai sangat penting dalam menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara.

Acara seminar internasional kali ini menghadirkan dua pembicara utama (keynote speaker) dari luar negeri, yaitu Dr. H. Abdul Rauf Amin, Lc, MA dari Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan Negara Brunei Darussalam dan Dr Mahmoud Al-Nafad MA dari Universitas Al-Azhar Cairo-Mesir; di samping pembicara dari dalam negeri, yaitu Dr Yazwardi S.Ag., M.Ag, Dr Sutrisno Hadi MA, Dr Muhammad Torik Lc MA, Inna Linsa dari UIN Raden Fatah Palembang dan narasumber lainnya dari UIN Alauddin Makassar, yaitu Dr. Zulhas’ari Mustafa M.Ag, Dr. Achmad Musyahid M. Ag, Dr. Abdi Wijaya M, Ag dan Muh. Arya Dwi Madaprtama.

Acara dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Fatah Palembang, Dr. H. Marsaid, MA dan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar, Dr. H. Muammar Muhammad Bakry, Lc, Ma. Ag. Dalam sambutannya, Dr. H. Marsaid, MA mengapresiasi kegiatan ini dan menyebutnya sangat bermanfaat dalam membangun kesadaran akan pentingnya pemahaman nilai-nilai moderasi bagi masyarakat luas terlebih di tengah pluralitas hidup berbangsa.

“Kami berharap dapat menemukan banyak wawasan berharga untuk memperluas pengetahuan dan pengalaman kita tentang nilai-nilai moderasi beragama dan bermazhab. Melalui seminar ini kita juga dapat memahami bagaimana konsep moderasi beragama dan moderasi bermazhab dapat dipaktikkan dalam mewujudkan kehidupan yang damai di negara yang kita cintai ini” lanjutnya.

Di lain pihak, Dr Sutrisno Hadi MA selaku Ketua Prodi Perbandingan Mazhab FSH UIN Raden Fatah Palembang menyampaikan rasa syukurnya atas terselengaranya kegiatan yang sangat penting ini. “Kegiatan ini sangat menarik karena membahas masalah moderasi beragama dan moderasi bermazhab secara langsung dengan para narasumber yang ahli dibidangnya. Terlebih, ini adalah kali pertama  Prodi menyelenggaran kegiatan Seminar Internasional berkolaborasi dengan Prodi PMH di UIN lain ” tuturnya.

Kegiatan Seminar Internasional berjalan dengan baik dan setiap pemaparan pemateri juga selalu menarik karena masing-masing pembicara mengulas tema moderasi beragama dan moderasi bermazhab ini dari aspek yang beragam dan perspektif yang saling memperkaya. Demikian juga, sesi diskusi berjalan dengan semarak. Hal ini terlihat dari antuasiasme para peserta dalam menyampaikan pertanyaan dan tanggapan; baik mereka yang tersambung via zoom meeting maupun yang hadir langsung di ruang seminar.*

Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp