Arabic AR English EN Indonesian ID

KULIAH IFTITAH PROGRAM STUDI HUKUM TATA NEGARA (SIYASAH) STRATA DUA (S-2)

Oleh

Tanggal

FSH-UINRF —  Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah) Strata Dua (S-2) Fakultas Syariah dan Hukum mengelar kegiatan Kuliah Iftitah bertemakan “Demokrasi Dalam Ketatanegaraan Indonesia”. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Munaqosah Lantai III Fakultas Syariah dan Hukum pada tanggal 25 Oktober 2023 bersama Narasumber Dr. Iza Rumesten RS, S.H., M. Hum Dosen Hukum Universitas Sriwijaya.

Ibu Dr. Iza Rumesten RS, S.H., M. Hum., sebagai Narasumber, telah menyampaikan tentang “Demokrasi adalah suatu kebijaksanaan umum yang ditetapkan  atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat  dalam setiap pemilihan yang didasarkan atas prinsip kesamaan politik dan dilaksanakan dalam suasana dimana terjadi kebebasan politik.” Hannry B. Mayo

“Demokrasi adalah suatu pemerintahan yang berasal dari rakyat, olehrakyat dan untuk rakyat. Dapat disimpulkan bahwa pemegang kekuasaan yang tertinggi dalam suatu sistem demokrasi yaitu ada di kuasa rakyat dan rakyat memiliki hak, kesempatan dan suara yang sama untuk mengontrol dan mengatur kebijakan pemerintah melalui keputusan yang terbanyak.” Abraham.L (1863)

“Demokrasi adalah suatu dasar didalam pembentukan pemerintahan dan berada didalamnya atau masyarat dalam sebuah kekuasaan untuk mengatur dan memerintah agar dikendalikan secara sah oleh setiap seluruh warga negara.” Muhammad Yamin

Adapun dosen-dosen yang turut hadir dalam kuliah Iftitah tersebut meliputi Bapak WD 1 Dr. H. Muhammad Torik, LC. MA, Bapak WD 2 Fatah Hidayat, S.Ag., M.Pd.I, Ibu WD 3 Dr. Siti Rochmiatun, SH., M.Hum, Kabag TU, Fungsional Arsiparis, Fungsional Perencanaan, ketua laboratorium FSH, kaprodi dan sekretaris Prodi di lingkungan FSH.

Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp