Arabic AR English EN Indonesian ID

TARGETKAN TERINDEKS SCOPUS, FSH LAKSANAKAN BIMTEK PENGELOLAAN JURNAL

Oleh

Tanggal

FSH-UINRF — Pasca pencapaian Jurnal Nurani terakreditasi Sinta 2 pada Januari 2024, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Fatah Palembang menargetkan peningkatan indeksasi sehingga dapat terindeks Scopus. Dalam upaya tersebut, maka pada hari Sabtu, 17 Pebruari 2024 FSH melaksanakan pelatihan bagi pengelola jurnal di lingkungan FSH dengan tema Technical Guidance Journal Preparation Toward Scopus Indexation. Narasumber kegiatan ini yaitu Pembina Asosiasi Pengelola Jurnal Hukum yang ada di Indonesia, Prof. Dr. Irwansyah, SH, MH yang merupakan Guru Besar Universitas Hasanuddin Makasar dan sekaligus Chief Editor Jurnal Hasanuddin Law Review yang terindeks Scopus.

Selain pengelola Jurnal Nurani, pelatihan ini juga diikuti oleh seluruh pengelola jurnal yang ada di lingkungan FSH UIN Raden Fatah, yaitu Jurnal Usrah (Prodi Hukum Keluarga Islam), Jurnal Muqaranah (Prodi Perbandingan Mazhab), Jurnal Ta’zir (Prodi Hukum Pidana Islam), Jurnal Muamalah (Prodi Hukum Ekonomi Syariah) dan Jurnal El-Qonun (Prodi Hukum Tata Negara). Pelatihan ini juga diikuti oleh dekanat serta Kaprodi dan Sekprodi di lingkungan FSH UIN Raden Fatah.

Dalam materinya, Prof. Irwansyah memaparkan kebijakan-kebijakan tentang tata kelola jurnal sehingga suatu jurnal dapat eksis dan dimanfaatkan oleh para akademisi dan peneliti dalam mempublikasi artikel. Jurnal yang dikelola tidak sesuai ketentuan mengakibatkan jurnal tersebut tidak akan eksis, tetapi juga merugikan dunia akademik, demikian ditegaskan Prof. Irwansyah.

Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp